Saturday, October 24, 2015

Jenis atau kategori komunikasi

  1. Komunikasi lisan atau verbal, yaitu komunikasi menggunakan katakata, baik hal itu diucapkan, maupun ditulis.
  2. Komunikasi nirkata atau nonverbal, yaitu komunikasi menggunakan bahasa  tubuh,  bahasa  gerak  atau  gerak  isyarat  (gesture),  atau gambar.
Berbekal  pengetahuan  jenis  atau  kategori  komunikasi  tersebut,  dapat dikatakan  bahwa komunikasi  adalah  perbuatan  mentransfer  pesan  atau informasi  dari  satu  tempat  ke  tempat lain,  baik  secara  verbal  atau  lisan (menggunakan  suara),  tertulis  (menggunakan  barang  cetak  atau  media digital  seperti  buku,  majalah,  laman,  atau  surel),  maupun  secara  nirkata atau  nonverbal  (menggunakan  bahasa  tubuh,  gerak  isyarat  (gesture), serta tekanan atau tinggi nada suara.

Kemampuan  seseorang  berkomunikasi  diukur  dari  seberapa  akurat informasi  atau  pesan yang  dikirim  oleh  komunikator  (pengirim  informasi) dapat diterima oleh  komunikan  (penerima informasi) dan sebaliknya. Hal tersebut juga menjadi ukuran seberapa mahir kita berkomunikasi.

Mengasah  dan  mengembangkan  kemahiran  berkomunikasi  dalam kehidupan  keseharian adalah penting,  karena  dapat  membantu keseluruhan  aspek  perikehidupan  kita,  baik  dalam kehidupan  sosial maupun  kehidupan  profesional.  Kemampuan  mengomunikasikan  pesan atau  informasi  secara  jelas,  akurat,  seperti  yang  dimaksudkan  di  atas adalah kecakapan hidup yang sangat vital dan tak dapat diabaikan. Jika Anda  merasa  belum  memilikinya,  jangan  berkecil  hati.  Tak  ada  istilah terlambat  untuk  meningkatkan  kemampuan  Anda  berkomunikasi,  karena hal  tersebut  akan  meningkatkan  kualitas  hidup  Anda.  Contoh  sederhana adalah  ketika  Anda  melamar  pekerjaan.  Saat  itu  Anda  sudah  harus menunjukkan kemahiran  Anda berkomunikasi. Mulai dari berbicara secara jelas,  akurat,  tegas,  tetapi  tetap  menjaga  sopan  santun,  menatap  mata pewawancara. Satu hal lagi, latih dan biasakan  menyimak (listen)  dengan cermat,  tidak sekadar  mendengarkan  (hear),  dan  menjawab  pertanyaan secara cekatan dan cerdas. Tidak tergesa-gesaatau terburu-buru. Pikirkan terlebih dahulu sebelum  Anda  mengatakan. Hal-hal itulah yang biasanya dituntut pemberi kerja dari seorang pencari kerja.

sumber : Buku Simulasi Digital Jilid 1 Semester 1

No comments: