Saturday, October 24, 2015

Pengertian Komunikasi

Komunikasi telah digunakan sejak manusia pertama diturunkan ke muka bumi. Para ahli memaknai komunikasi antara lain sebagai berikut.

Komunikasi  adalah  proses  penyampaian  pikiran  atau  perasaan  oleh seseorang  kepada  orang  lain  dengan  menggunakan  lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan  media  tertentu  untuk  mengubah  sikap  atau  tingkah  laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan  (Effendy, 2000 : 13).

Komunikasi  adalah  proses  pemindahan  pengertian  dalam  bentuk gagasan, informasi, dari seseorang ke orang lain (Handoko, 2002 : 30). Tidak ada kelompok yang dapat eksis tanpa komunikasi.

Menurut Robbins  (2002  :  310)  komunikasi  adalah  pentransferan  makna  di  antara  anggota
kelompok.  Lewat  pentrasferan  makna,  informasi  dan  gagasan  dapat dihantarkan.  Tetapi  komunikasi  bukan  hanya  sekedar  menanamkan makna tetapi juga harus dapat dipahami.
Rumusan ilmiah tersebut di atas barangkali tidak mudah dicerna. Definisi atau  batasan  komunikasi  yang  lebih  merakyat  dan  mudah  dipahami adalah seperti yang dikemukakan oleh Masrini (Pelajaran Bahasa Prancis untuk  Pemula,  2003)  dalam  bahasa  Betawi  sebagai  berikut:  “gua ngomong lu ngarti, lu ngomong gua ngarti.”  Atau, dalam ragam tulis akan berbunyi sebagai berikut.  "Komunikasi terjadi jika saya berbicara, Anda mengerti, dan sebaliknya jika Anda yang berbicara, saya mengerti. " Jika  Anda  berbicara  sedangkan  mitra  bicara  Anda  tidak  mengerti,  atau sebaliknya, maka komunikasi belum terjadi.

Sumber : Buku simulasi digital Jilid 1 semester 1

No comments: