Thursday, October 29, 2015

Perintah ping

Ketika kita berhadapan dengan sebuah jaringan, perintah ini biasanya menjadi senjata untuk mengetahui hubungan antara 2 buah komputer. Dengan menggunakan perintah ini (ping) hubungan antar komputer dapat dilihat apakah berjalan baik atau tidak.


Beberapa informasi yang bisa dilihat dari perintah atau tool ping ini adalah :

Reply
Pesan reply menandakan komputer tujuan memberikan respon terhadap pesan yang dikirim. Komputer tujuan memberikan pesan balik terhadap komputer pengirim, bahwa pesan yang dikirim sudah diterima. Simpelnya, perangkat komputer tujuan terhubung dan dapat diakses.

Request Time Out (RTO)
RTO menandakan tidak ada respon dari komputer tujuan. Packet yang dikirim sebenarnya sampai pada penerima, namun penerima tidak memberikan balasan.

Destination unreachable  
Komputer yang dituju tidak dapat dihubungi.Penyebabnya bisa jadi kabel lepas, tidak ada jalur yang menghubungkan, dll.

Nama Tujuan dan IP Tujuan
Ketika menjalankan perintah ping dengan nama domain, maka yang keluar pada baris awal adalah informasi nama domain tersebut dan IP address dari domain tersebut. Pesan ini menjelaskan bahwa komputer tujuan telah terdaftar pada DNS server dengan nama dan ip yang tertera. Misalnya Anda melakukan ping ke "google.com", maka akan muncul informasi seperti ini "Pinging google.com [173.194.117.70] with 32 bytes of data:".

Bytes
Bytes merupakan besar packet ping yang dikirim menuju komputer tujuan. Misalnya Bytes=32. Apabila kita tidak menentukan besar packet ping yang akan dikirim, maka secara otomatis komputer akan menentukan jumlahnya sebesar 32 bytes. Kita bisa menentukan jumlah paket yang dikirim dengan perintah: Ping (ip addres) –l ( jumlah packet ).

Time
Adalah durasi waktu yang dibutuhkan packet yang dikirim untuk sampai ke tujuan dan waktu yang dibutuhkan oleh penerima untuk meberikan respon bahwa packet sudah diterima. Semakin sedikit durasi waktu, berarti kualitas jaringan semakin bagus.

TTL (Time to live)
Adalah waktu maksimum dari komputer saat mereply atau membalas paket icmp.

Statistics
Berisi informasi terkait waktu rata-rata yang dibutuhkan serta jumlah packet yang sampai dan gagal dikirim.

No comments: